Selasa, 02 Oktober 2012

teknik perancangan media


Ringkasan bab 3

TEKNIK PEMILIHAN MEDIA
A.  Dasar pertimbangan dalam pemilihan media
Beberapa penyebab orang memilih media antara lain:
  • Bermaksud mendemontrasikannya seperti halnya pada kuliah tentang media
  • Merasa sudah akrab dengan media tersebut, misalnya seorang dosen yang sudah terbiasa   menggunakan proyektor transparasi
  • Ingin member gambaran atau penjelasan yang lebih konkret merasa bahwa media dapat berbuat lebih dari yang bias dilakukannya,misalnya untuk menarik minat atau gairah belajar siswa.
1.  Alasan Teoritis Pemilihan Media
Media meerupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran selain tujuan, materi, metode dan evaluasi, maka sudah seharusnya dalam pembelajaran guru menggunakan media.
Alas an pokok pemilihan media dalam pembelajaran, karena didasari atas konsep pembelajaran sebagai sebuah system yang didlamnya terdapat suatu totalitas yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan.
Upay untuk mewujudkan tujuan pembelajaran ditunjang oleh mediayang sesuai dengan meteri, strategi yang digunakan, dan karakteristik siswa.
2.  Alasan Praktis Pemilihan Media
Bebrapa penyebab orang memilih media, antara lain dijelaskan oleh Arif Sadiman (1996:84) sebagai berikut :
a.    Demonstration
Dalam hal ini media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan, cara        mengoperasikan dan lain-lain.
b.    Familiarity
Pengguna media pembelajaran memiliki alas an pribadi mengapa ia menggunakan media, yaitu karena sudah terbiasa menggunakan media tersebut, merasa sudah menguasai media tersebut, jika menggunakan media lain belum tentu bias dan untuk mempelajarinya membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya sehingga secara terus menerus ia menggunakan media yang sama.
c.    Clarity
Yaitu untuk lebih memperjelas pesan pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih konkrit.
d.    Active learning
Siswa harus berperan secara aktif baik secara fisik, mental maufun emosional.
B. Kriteria Dalam Pemilihan Media
  1.    Kriteria umum pemilihan media
    1. Kesesuaian dengan tujuan (intructional goals)
    2. Kesesuaian dengan materi pembelajaran (intructional content)
    3. Kesesuaian dengan karakteristik pembalajaran atau siswa
    4. Kesesuaian dengan teori
    5. Kesesuaian dengan gaya belajar siswa
    6. Kesesuaian dengan kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.
  2.     Keiteria khusus pemilihan media
a.   Access
Kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam pemilihan media.
b.    Cost
Biaya juga harus dipertimbangkan.
c.    Technology
Misalnya kita ingin menggunakan media audiovisual dikelas, yang perlu kitas pertimbangkan : apakah ada listrik, valtase listrik cukup, dan sesuai.
d.    Interactivity
Media yang baik adalah media yang dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas.

Referensi:

 


 

 

 

 



Ringkasan bab 4


TEKNIK PERANCANGAN DAN STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN
 
1.        Teknik / Prosedur Perancangan Media Pendidikan
A.       Prosedur Pemilihan dengan Model ASSURE
1)         Analisis karakter siswa (analysis leaner character)
Yaitu menganalisis karakter umum kelompok sasaran, apakah mereka siswa sekolah lanjutan atau perguruan tinggi, anggota organisasi pemuda, perusahaan, usia, jenis kelamin, latar belakang, budaya, dan sosial ekonomi, serta mengorganilisis karakteristik khusus mereka yang meliputiantara lain pengetahuan, keterampilan dan sikap awal mereka
2)         Tujuan pembelajaran (state of objective)
Yaitu menyatakan atau merumuskan tujuan pembelajaran, yaitu perilaku atau kemampuan baru(pengetahuan keterampilan atau sikap) yang diharapkan siswa miliki dan kuasai setelah proses belajar mengajar selesai.
3)        Memilih, merancang, atau memodifikasi yang sudah ada (select, modity or designmaterials)
Yaitu apabila materi dan media pembelajaran yang telah tersedia akan dapat mencapi tujuan,materi dan media itu sebaiknya digunakan untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya.disamping itu, perlu pula perhatian apakan materi dan media itu akan mampu membangkitkanminat siswa. memiliki ketepatan informasi, memiliki kualitas yang baik, memberikankesempatan bagi siswa yntuk berpartisipasi, setelah terbukti efektif. jika pernah diuji cobakan,dan menyiapkan petunjuk untuk berdiskusi kegiatan follow up.
4)         Uji coba media (utilize materials)
Yaitu setelah memilih materi dan media yang tepat, diperlukan persiapan bagaimana dan berapa banyak waktu diperlukan untuk menggunakannya. disamping praktik dan latihanmenggunakannya, persiapan ruangan juga diperlukan.
5)         Meminta respon siswa (require leaner response)
Yaitu baru sebaiknya mendorong siswa untuk memberikan respons dan umpan balik mengenaikeaktifan proses belajar mengajar. respons siswa dapat bermacam-macam, seperti : mengulangifakta, mengemukakan ikhisar atau rangkuman informasi atau pelajaran, atau menganalisisalternatif pemecahan masalah atau kasis. dengan demikian siswa akan menempatkan partisipasiyang lebih besar.
6)         Evaluasi (evaluate)
Yaitu tujuan utama evaluasi di sini adalah untuk mengetahui tingat pencapaian siswa mengenaitujuan pembelajaran, keefektivitas media, pendekatan, dan guru sendiri.

B.        Prosedur Pemilihan Model ANDERSON
Anderson membagi media dalam 10 kelompok, yaitu:
1)        Media audio
2)        Media cetak
3)        Media cetak bersuara
4)        Media proyeksi diam
5)        Media proyeksi dengan suara
6)        Media visual gerak
7)        Media audio visual gerak
8)        Objek
9)        Sumber manusia dalam lingkaran
10)    Media computer

2.        Strategi Penggunaan Media Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar
Dengan menentukan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang yang di harapkantercapai. Menurut hall & Jeans membagi kompetensi menjadi:
a.    Kompetensi kognitif: yaitu nilai, sikap, minat, dan apresiasi
b.    Kompetensi penampilan yaitu demonstrasi keterampilan
c.    Kompetensi produk/ konsekuensi yang menyangkut keterampilan melakukan perubahan pada pihak lain
d.   Kompetensi eksprotif menyangkut pemberian pengalaman untuk masa depan.

Select modly or design materials, yaitu kegiatan memilih media, memodifikasi media yang sudah ada ataumemang sesuai dengan kebutuhan.
Utilized materials ( uji coba media), yaitu dengan menguji coba media terlebih dahulu dengan mengerjakan waktu yang cukup 10 menit untuk persiapan dan pemasangan media.
Reguire leraner respons, yaitu mengamati respon siswa terhadap penggunaan media tersebut, sasaran akhir dalam pembuatan media hendaknya dapat di pahami dan di mengerti siswa.

Referensi:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





RINGKASAN BAB 5-6


MEDIA PENDIDIKAN DAN PROSES KOMUNIKASI PEMBELAJARAN


A.      Proses Perkembangan Sebagai Proses Komunikasi
Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi yaitu prosesmenyampaikan pesan dari sumber pesan melalui saluran media / media dan penerima.komponen untuk proses komunikasi pesan yang akan dikonunikasikan adalah is ajaran atas didikan yang ada dalam kurikulum. sumber pesannya bisa guru, siswa, orang lain ataupun penulis buku-buku prosedur media. salurannya adalah media pendidikan dan penerima pesannya adalah siswa atau juga guru.

B.       Bentuk-bentuk Komunikasi
Pada dasarnya bentuk komunikasi tebagi atas 2 yaitu :
1.      Komunikasi verbal yaitu salah satu bentuk komunikasi yang lazim digunakan untuk menyampaikan pesan kepada siswa yaitu melalui tulisan maupun lisan.
2.      Komunikasi nonverbal yaitu bentuk komunikasi yang menggunakan gerak-gerakan tubuhatau lebih diawali dengan bahan/isyarat.

C.      Tujuan dan Prinsip Komunikasi
Tujuan komunikasi merupakan faktor yan paling penting bagi pencapaian tujuan suatu pendidikan seorangguru atau pengajar harus secara rutin berkomunikasi dengan siswa agar tercapai tujuan yangdiharapkan, seperti komunikasi dapat memberikan informasi, memberikan pendidikan, mempengaruhi lawan bicara, menghibur masyarakat. Prinsip komunikasi merupakan proses penuangan pesan kedalam "simbol" komunikasi yang disebut encoding. selanjutnya penerimaan pesan, bisa siswa atau guru menafsirkan simbol komunikasitersebut sehingga diperoleh pesan atau dapat dipahami.

D.      Faktor Pendukung dan Penghambat Komunikasi
Faktor pendukung dalam komunikasi yaitu media, karena media bisa dijadikan faktor  pendukung berkomunikasi. contoh audio, vidio, buku, papan tulis, TV dll. Hambatan komunikasi antara lain :
1.      Hambatan fisik yaitu cacat tubuh, kurang jelas penglihatan, kelelahan, sakit dll
2.      Hambatan psikologis yaitu cacat mental, intelegensi, kepercayaan, minat , sikap dll
3.      Hambatan kultural yaitu perbedaan adat istiadat bisa menghambat komunikasi
4.      Hambatan lingkungan yaitu belajar di kota tidak sama dengan cara belajar di desa.


E.       Teori Komunikasi
Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari komunikasi (pendidik) kepada komunikan (siswa) melalui media untuk mencapai tujuan tertentu. Karakteristik komunikasi yang efektif :
1.      Memberikan informasi yang praktis
2.      Informasi yang disampaikan jelas dan padat
3.      Dapat menyakinkan pihak lain
4.      Memberikan fakta bahan sekedar pesan

F.       Menciptakan Komunikasi Pembelajaran yang Efektif
1.              Jelas (tepat penggunanya)
2.              Ketepatan (memperhatikan pemilihan kata-kata yang sesuai)
3.              Budaya (teratur dan tetap berkontrol)
4.              Alur
5.              Isi (kandungan informsi baru dan positif



REFERENSI:

1 komentar:

  1. Borgata Hotel Casino & Spa, Atlantic City - MapyRO
    Borgata Hotel Casino & Spa, Atlantic City. 1 보령 출장마사지 Borgata Way, Atlantic City, NJ 08401 경기도 출장마사지 Borgata Hotel 순천 출장샵 Casino & Spa, Atlantic 과천 출장샵 City 08401 Borgata Hotel Casino & Spa, Atlantic 경상남도 출장마사지 City 08401 Borgata

    BalasHapus