TEKNIK
PEMILIHAN MEDIA
A. Dasar pertimbangan dalam
pemilihan media
Beberapa penyebab orang memilih
media antara lain:
- Bermaksud mendemontrasikannya seperti halnya pada kuliah tentang media
- Merasa sudah akrab dengan media tersebut, misalnya seorang dosen yang sudah terbiasa menggunakan proyektor transparasi
- Ingin member gambaran atau penjelasan yang lebih konkret merasa bahwa media dapat berbuat lebih dari yang bias dilakukannya,misalnya untuk menarik minat atau gairah belajar siswa.
1. Alasan Teoritis Pemilihan
Media
Media meerupakan salah satu komponen
utama dalam pembelajaran selain tujuan, materi, metode dan evaluasi, maka sudah
seharusnya dalam pembelajaran guru menggunakan media.
Alas an pokok pemilihan media dalam
pembelajaran, karena didasari atas konsep pembelajaran sebagai sebuah system
yang didlamnya terdapat suatu totalitas yang saling berkaitan untuk mencapai
tujuan.
Upay untuk mewujudkan tujuan
pembelajaran ditunjang oleh mediayang sesuai dengan meteri, strategi yang
digunakan, dan karakteristik siswa.
2. Alasan Praktis Pemilihan
Media
Bebrapa penyebab orang memilih
media, antara lain dijelaskan oleh Arif Sadiman (1996:84) sebagai berikut :
a. Demonstration
Dalam hal ini media dapat digunakan
sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan,
cara mengoperasikan dan lain-lain.
b. Familiarity
Pengguna media pembelajaran memiliki
alas an pribadi mengapa ia menggunakan media, yaitu karena sudah terbiasa
menggunakan media tersebut, merasa sudah menguasai media tersebut, jika
menggunakan media lain belum tentu bias dan untuk mempelajarinya membutuhkan
waktu, tenaga, dan biaya sehingga secara terus menerus ia menggunakan media
yang sama.
c. Clarity
Yaitu untuk lebih memperjelas pesan
pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih konkrit.
d. Active learning
Siswa harus berperan secara aktif
baik secara fisik, mental maufun emosional.
B. Kriteria Dalam Pemilihan Media
- Kriteria umum pemilihan media
- Kesesuaian dengan tujuan (intructional goals)
- Kesesuaian dengan materi pembelajaran (intructional content)
- Kesesuaian dengan karakteristik pembalajaran atau siswa
- Kesesuaian dengan teori
- Kesesuaian dengan gaya belajar siswa
- Kesesuaian dengan kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.
- Keiteria khusus pemilihan media
a. Access
Kemudahan akses menjadi pertimbangan
pertama dalam pemilihan media.
b. Cost
Biaya juga harus dipertimbangkan.
c. Technology
Misalnya kita ingin menggunakan
media audiovisual dikelas, yang perlu kitas pertimbangkan : apakah ada listrik,
valtase listrik cukup, dan sesuai.
d. Interactivity
Media yang baik adalah media yang
dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas.
Referensi:
TEKNIK PEMILIHAN MEDIA
A. Dasar Pertimbangan Pemilihan Media
1.
Alasan Teoritis memilih media
Media merupakan salah satu komponen
utama dalam pembelajaran selain tujuan, materi, metode dan evaluasi, maka sudah
seharusnya dalam pembelajaran guru menggunakan media.
Alasan pokok pemilihan media dalam
pembelajaran, karena didasari atas konsep pembelajaran sebagai sebuah system
yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang saling berkaitan untuk mencapai
tujuan.
Upaya untuk mewujudkan tujuan
pembelajaran ditunjang oleh mediayang sesuai dengan meteri, strategi yang
digunakan, dan karakteristik siswa
2. Alasan Praktis Pemilihan
Media
Bebrapa penyebab orang memilih
media, antara lain dijelaskan oleh Arif Sadiman sebagai berikut :
a. Demonstration
Dalam hal ini media dapat digunakan
sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan,
cara mengoperasikan dan lain-lain.
b. Familiarity
Pengguna media pembelajaran memiliki
alas an pribadi mengapa ia menggunakan media, yaitu karena sudah terbiasa
menggunakan media tersebut, merasa sudah menguasai media tersebut, jika
menggunakan media lain belum tentu bias dan untuk mempelajarinya membutuhkan
waktu, tenaga, dan biaya sehingga secara terus menerus ia menggunakan media
yang sama.
c. Clarity
Yaitu untuk lebih memperjelas pesan
pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih konkrit.
d. Active learning
Siswa harus berperan secara aktif
baik secara fisik, mental maupun emosional.
B. Kriteria
Pemilihan Media
Secara singkat dapat dikatakan bahwa
dasar pertimbangan dalam pemilihan media adalah dapat terpenuhinya kebutuhan
dan tercapainya tujuan pembelajaran, jika tidak sesuai dengan kebutuhan dan
tujuan maka media tersebut tidak digunakan.
Namun demikian aplikasinya tidak
sesederhana itu, diperlukan suatu pengkajian yang mendalam untuk sampai
ketempat pemilihan media.
a.
Kriteria umum pemilihan media
1.
Kesesuaian dengan Tujuuan
(instruksional goals)
2.
Kesesuaian dengan materi
pembelajaran (Instructional content)
3.
Kesesuaian dengan karakteristik
pebelajar atau siswa,
4.
Kesesuaian dengan materi
5.
Kesesuaian dengan gaya belajar siswa
6.
Kesesuaian dengan kondisi
lungkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.
b.
Kriteria khusus pemilihan
media
Sejumlah kriteria khusus lainnya
dalam memilih media pembelajaran yang tepat dapat kita rumuskan dalam satu kata
ACTION, yaitu akronim dari; Access, Cost, Technology, Interactivity,
Organization dan Novelty.
1. Access
Kemudahan akses menjadi pertimbangan
pertama dalam pemilihan media. Apakah media yang ingin digunakan itu tersedia,
mudah, dan dapat dimanfaatkan oleh murid.
2. Cost
Biaya juga harus dipertimbangkan
dalam menentukan media.
3. Technology
Mungkin saja guru tertarik kepada
satu media tertentu. Tapi perlu diperhatikan apakah teknologinya tersedis dan
mudah menggunakannya
4. Interactivity
Media yang baik adalah media yang dapat
memunulkan komunikasi dua arah .
5. Organization
Pertimbangan yang juga penting
adalah dukungan organisasi.
6. Novelty
Kebaruan dari media yang dipilih
harus menjadi pertimbangan . media yang baru biasanya lebih baik dan lebih
menarik bagi siswa.
C. Prosedur Pemilihan Media
Prosedur Pemilihan Model ASSURE:
ASSURE mengandung makna dari
masing-masing huruf, yaitu: Analisis Learning Characteristics, State
Objectives, State Objective, Select Modify or Design, Utiliti materialas dan
Evaluate.
1.
Analisis Learner Characteristics,
Tahap pertama adalah melakukan analisis terhadap karakteristik siswa.
2.
State objective, langkah selanjutnya
menentukan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan tercapai.
3.
Select, Modify or Design materials,
selanjutnya adalah kegiatan memilih media, memodifikasi media yang sudah ada
atau merancang sesuai kebutuhan.
4.
Utilitize Materialas, setelah media
tersebut dipilih mana yang sesuai dengan karakteristik siswa, sesuai dengan
tujuan pembelajaran lalu langkah selanjutnya digunakan dalam pembelajaran..
5.
Require Learning respose, diamati
bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media tersebut.
6.
Evaluate, Tahap akhir dalam
pemilihan media model ASSURE adalah melakukan evaluasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar