Selasa, 02 Oktober 2012

teknik pemilihan media


TEKNIK PEMILIHAN MEDIA
A.  Dasar pertimbangan dalam pemilihan media
Beberapa penyebab orang memilih media antara lain:
  • Bermaksud mendemontrasikannya seperti halnya pada kuliah tentang media
  • Merasa sudah akrab dengan media tersebut, misalnya seorang dosen yang sudah terbiasa   menggunakan proyektor transparasi
  • Ingin member gambaran atau penjelasan yang lebih konkret merasa bahwa media dapat berbuat lebih dari yang bias dilakukannya,misalnya untuk menarik minat atau gairah belajar siswa.
1.  Alasan Teoritis Pemilihan Media
Media meerupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran selain tujuan, materi, metode dan evaluasi, maka sudah seharusnya dalam pembelajaran guru menggunakan media.
Alas an pokok pemilihan media dalam pembelajaran, karena didasari atas konsep pembelajaran sebagai sebuah system yang didlamnya terdapat suatu totalitas yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan.
Upay untuk mewujudkan tujuan pembelajaran ditunjang oleh mediayang sesuai dengan meteri, strategi yang digunakan, dan karakteristik siswa.
2.  Alasan Praktis Pemilihan Media
Bebrapa penyebab orang memilih media, antara lain dijelaskan oleh Arif Sadiman (1996:84) sebagai berikut :
a.    Demonstration
Dalam hal ini media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan, cara        mengoperasikan dan lain-lain.
b.    Familiarity
Pengguna media pembelajaran memiliki alas an pribadi mengapa ia menggunakan media, yaitu karena sudah terbiasa menggunakan media tersebut, merasa sudah menguasai media tersebut, jika menggunakan media lain belum tentu bias dan untuk mempelajarinya membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya sehingga secara terus menerus ia menggunakan media yang sama.
c.    Clarity
Yaitu untuk lebih memperjelas pesan pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih konkrit.
d.    Active learning
Siswa harus berperan secara aktif baik secara fisik, mental maufun emosional.
B. Kriteria Dalam Pemilihan Media
  1.    Kriteria umum pemilihan media
    1. Kesesuaian dengan tujuan (intructional goals)
    2. Kesesuaian dengan materi pembelajaran (intructional content)
    3. Kesesuaian dengan karakteristik pembalajaran atau siswa
    4. Kesesuaian dengan teori
    5. Kesesuaian dengan gaya belajar siswa
    6. Kesesuaian dengan kondisi lingkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.
  2.     Keiteria khusus pemilihan media
a.   Access
Kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam pemilihan media.
b.    Cost
Biaya juga harus dipertimbangkan.
c.    Technology
Misalnya kita ingin menggunakan media audiovisual dikelas, yang perlu kitas pertimbangkan : apakah ada listrik, valtase listrik cukup, dan sesuai.
d.    Interactivity
Media yang baik adalah media yang dapat memunculkan komunikasi dua arah atau interaktivitas.

Referensi:

TEKNIK PEMILIHAN MEDIA

A.      Dasar Pertimbangan Pemilihan Media
1.      Alasan Teoritis memilih media
Media merupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran selain tujuan, materi, metode dan evaluasi, maka sudah seharusnya dalam pembelajaran guru menggunakan media.
Alasan pokok pemilihan media dalam pembelajaran, karena didasari atas konsep pembelajaran sebagai sebuah system yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan.
Upaya untuk mewujudkan tujuan pembelajaran ditunjang oleh mediayang sesuai dengan meteri, strategi yang digunakan, dan karakteristik siswa
2.  Alasan Praktis Pemilihan Media
Bebrapa penyebab orang memilih media, antara lain dijelaskan oleh Arif Sadiman sebagai berikut :
a.    Demonstration
Dalam hal ini media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrasikan sebuah konsep, alat, objek, kegunaan, cara        mengoperasikan dan lain-lain.
b.    Familiarity
Pengguna media pembelajaran memiliki alas an pribadi mengapa ia menggunakan media, yaitu karena sudah terbiasa menggunakan media tersebut, merasa sudah menguasai media tersebut, jika menggunakan media lain belum tentu bias dan untuk mempelajarinya membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya sehingga secara terus menerus ia menggunakan media yang sama.
c.    Clarity
Yaitu untuk lebih memperjelas pesan pembelajaran dan memberikan penjelasan yang lebih konkrit.
d.    Active learning
Siswa harus berperan secara aktif baik secara fisik, mental maupun emosional.
B.   Kriteria Pemilihan Media
Secara singkat dapat dikatakan bahwa dasar pertimbangan dalam pemilihan media adalah dapat terpenuhinya kebutuhan dan tercapainya tujuan pembelajaran, jika tidak sesuai dengan kebutuhan dan tujuan maka media tersebut tidak digunakan.
Namun demikian aplikasinya tidak sesederhana itu, diperlukan suatu pengkajian yang mendalam untuk sampai ketempat pemilihan media.
a.    Kriteria umum pemilihan media
1.         Kesesuaian dengan Tujuuan (instruksional goals)
2.         Kesesuaian dengan materi pembelajaran (Instructional content)
3.         Kesesuaian dengan karakteristik pebelajar atau siswa,
4.         Kesesuaian dengan materi
5.         Kesesuaian dengan gaya belajar siswa
6.         Kesesuaian dengan kondisi lungkungan, fasilitas pendukung, dan waktu yang tersedia.


b.     Kriteria khusus pemilihan media
Sejumlah kriteria khusus lainnya dalam memilih media pembelajaran yang tepat dapat kita rumuskan dalam satu kata ACTION,  yaitu akronim dari; Access, Cost, Technology, Interactivity, Organization dan Novelty.
1.    Access
Kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam pemilihan media. Apakah media yang ingin digunakan itu tersedia, mudah, dan dapat dimanfaatkan oleh murid.
2.    Cost
Biaya juga harus dipertimbangkan dalam menentukan media.
3.    Technology
Mungkin saja guru tertarik kepada satu media tertentu. Tapi perlu diperhatikan apakah teknologinya tersedis dan mudah menggunakannya
4.    Interactivity
            Media yang baik adalah media yang dapat memunulkan komunikasi dua arah .
5.    Organization
Pertimbangan yang juga penting adalah dukungan organisasi.
6.    Novelty
Kebaruan dari media yang dipilih harus menjadi pertimbangan . media yang baru biasanya lebih baik dan lebih menarik bagi siswa.

C.      Prosedur Pemilihan Media
Prosedur Pemilihan Model ASSURE:
ASSURE mengandung makna dari masing-masing huruf, yaitu: Analisis Learning Characteristics, State Objectives, State Objective, Select Modify or Design, Utiliti materialas dan Evaluate.
1.         Analisis Learner Characteristics, Tahap pertama adalah melakukan analisis terhadap karakteristik siswa.
2.         State objective, langkah selanjutnya menentukan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan tercapai.
3.         Select, Modify or Design materials, selanjutnya adalah kegiatan memilih media, memodifikasi media yang sudah ada atau merancang sesuai kebutuhan.
4.         Utilitize Materialas, setelah media tersebut dipilih mana yang sesuai dengan karakteristik siswa, sesuai dengan tujuan pembelajaran lalu langkah selanjutnya digunakan dalam pembelajaran..
5.         Require Learning respose, diamati bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media tersebut.
6.         Evaluate, Tahap akhir dalam pemilihan media model ASSURE adalah melakukan evaluasi.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar